Lonely Planet Nobatkan Raja Ampat Sebagai Tempat Wisata Unwind Destination

- Sabtu, 19 November 2022 | 07:21 WIB
Terumbu karang Raja Ampat merupakna yang terindah di dunia. (VOA Indonesia)
Terumbu karang Raja Ampat merupakna yang terindah di dunia. (VOA Indonesia)

HARMASNEWS - Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai “Must Visit Location” atau “Lokasi Yang Harus Dikunjungi” pada tahun 2023.

Raja Ampat disebutkan sebagai “unwind destination” atau destinasi untuk rileks, mencari ketenangan dan kedamaian.

Dikutip Harmasnews dari mailing VOA, Sabtu 19 Nopember 2022 menyebutkan penghargaan ini disampaikan media global pariwisata "Lonely Planet" di London, Inggris pada 8 November 2022 lalu.

p

Menteri Sandiana Uno saat menerima penghargaan dari Lonely Planet. (VOA Indonesia)
Dalam pernyataan tertulis yang diterima VOA hari Kamis (17/11) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan “penghargaan ini membawa harapan akan kebangkitan destinasi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia.”

Menurutnya penghargaan ini juga membuktikan perubahan trend global pariwisata ke depan dari 3S lama – sand, sun and sea (pasir, matahari dan laut.red) – menjadi 3S baru – sprituality, serenity and sustainability (spiritualitas, ketenangan dan berkelanjutan.red).

Raja Ampat adalah salah satu contoh destinasi yang lengkap 3S barunya dan sebagai informasi, Arborek, Desa Wisata yang berhasil dikembangkan di wilayah ini merupakan proyek percontohan desa wisata yang sukses menjadi destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan, Raja Ampat terpilih karena coral reefs dan diving spot di wilayah ini tidak ada tandingannya di dunia.

“Kami berharap penghargaan ini membantu meningkatkan awareness masyarakat internasional akan Raja Ampat dan Indonesia, sekaligus memacu seluruh aktor pariwisata Indonesia untuk meningkatkan manajemen pengelolaan destinasi 3S baru dengan lebih giat lagi,” ujarnya.

Lima destinasi lain yang mendapat penghargaan dalam kategori yang sama dari Lonely Planet adalah Halkidiki Yunani, Jamaika, Dominika, Malta dan Yordania.

Lonely Planet adalah media global pariwisata yang menyediakan informasi bagi para wisatawan di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Cokie Sutrisno

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ziarah Walisongo Menembus Hujan di Dinginnya Malam

Sabtu, 24 Desember 2022 | 02:15 WIB

Misteri Pantai Pedalen Kebumen Jawa Tengah

Sabtu, 10 September 2022 | 00:31 WIB

6 Fakta Unik dan Menarik Indonesia di Mata Dunia

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:29 WIB
X