• Selasa, 6 Desember 2022

Misteri Pantai Pedalen Kebumen Jawa Tengah

- Sabtu, 10 September 2022 | 00:31 WIB
Keindahan Pantai Pedalen, Ayah, Kebumen (Foto : Wahdju DJatmika )
Keindahan Pantai Pedalen, Ayah, Kebumen (Foto : Wahdju DJatmika )

HARMASNEWS - Pantai Pedalen di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ternyata memiliki misteri. Pantai yang indah ini terletak di Desa Argopeni Kecamatan Ayah, atau sekitar sekitar 4,8 km dari jantung kota Kebumen.

Berdasarkan Website resmi Desa Argopeni, pantai ini terkenal dengan kapal-kapal nelayan yang beroperasi lalu lalang setiap hari. 

Di Pantai Pedalen ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sejak dahulu. Sehingga selalu ramai dikunjungi pedagang ikan yang berburu ikan segar.

Ratusan kapal nelayan sandar dan menjual hasil tangkapannya di Pantai ini. Keunikan tempat wisata ini yaitu pengunjung yang datang dapat melihat dari dekat bebatuan karang yang merupakan gugusan karts. 

Bebatuan karts ini diperkirakan berumur ratusan tahun. Di pantai ini pengunjung rukyat juga bisa menikmati Pos Observasi Bulan (POB) yang menjadi satu-satunya POB di pesisir selatan Jawa. 

Pos Observasi Bulan ini menjadi rukyatul hilal untuk penentuan awal Ramadhan maupun Hijriyah. POB yang terletak di wilayah Pantai Pedalen sebelah atas menjadi salah satu pos rukyat hilal Jawa Tengah.

Selain menyajikan pantai, kapal, serta POB tempat ini menyediakan spot Selvie seperti bukit panadang, bukit love yang berada tepat diatas bangunan gedung POB

Melalui spot Selvie ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dan pantai yang luas yang membentang ke barat dan selatan

Dari gardu pandang pantai ini pengunjung juga bisa melihat Pulau Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Misteri Pantai Pedalen Kebumen Jawa Tengah

Sabtu, 10 September 2022 | 00:31 WIB

6 Fakta Unik dan Menarik Indonesia di Mata Dunia

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:29 WIB
X