Selain Indah Dieng Banjarnegara Miliki Banyak Misteri, Ini Salah Satunya

- Senin, 8 Agustus 2022 | 09:33 WIB
Makam di Desa Sikunang yang menggunakan nisan batu puncak  candi. (Foto: FB Arif Darwanto )
Makam di Desa Sikunang yang menggunakan nisan batu puncak candi. (Foto: FB Arif Darwanto )

HARMASNEWS - Dataran Tinggi Dieng (DTD) di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memiliki segudang misteri. Tidak hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan tapi banyak situs - situs bersejarah yang patut kita ketahui bersama.

Mungkin anda pernah dengar nama Sikunnang?. Sebuah desa di DTD Banjarnegara Jawa Tengah. Konon desa ini berumur 1158 tahun. 

Dikutif dari unggahan FB Arif Darwanto, Pegawai di Dinas Pariwisata Banjarnegara, Senin 8 Agustus 2022 menyebutkan, dari Prasasti Mangulihi B, disebutkan desa Kunang. 

Prasasti Mangulihi ini sekarang berada di Museum Kailasa. Mangulihi” merupakan nama sebuah desa yang ditetapkan menjadi sima pada prasasti yang ditulis dengan aksara dan bahasa Jawa Kuno tersebut, berangka tahun 864M. 

Prasasti ini unik karena dalam sebuah batu terdapat tiga prasasti, yaitu prasasti Mangulihi A (bagian depan), Mangulihi B (bagian belakang), dan Mangulihi C (pada bagian bawah Mangulihi B).

Mangulihi B terdiri atas 11 baris kalimat yang berisi peristiwa pemindahan tanah perdikan atas sebuah bangunan suci untuk menghormati leluhur (Dharma Pitamaha). 

Alasan pemindahan tersebut tidak jelas karena sebagian aksara telah aus. Penetapan tersebut dipimpin oleh Dang Hyang Guru Bhu dihadiri para saksi, antara lain pendeta dari desa Pangiribwan, Malayu bernama Siwanarayana, pendeta bernama Sadasiwa, pendeta dari Desa Tiruan, Hawang dan Kunang.

Prasasti tersebut mungkin berhubungan dengan salah satu candi yang ada di Kawasan Dieng, berdasarkan pada masa pendirian candi-candi di kawasan Dieng tersebut pada abad VIII-IX Masehi.

Tahun yang terdapat dalam prasasti berada pada masa kekuasaan Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala (855-885 Masehi).

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Tim HarmasNews

Tags

Terkini

Ziarah Walisongo Menembus Hujan di Dinginnya Malam

Sabtu, 24 Desember 2022 | 02:15 WIB

Misteri Pantai Pedalen Kebumen Jawa Tengah

Sabtu, 10 September 2022 | 00:31 WIB

6 Fakta Unik dan Menarik Indonesia di Mata Dunia

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:29 WIB
X