Pemandian Air Panas Cipari, Saksi Pengeboran yang Gagal

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:15 WIB
Pemandian air panas Cipari. (Foto: internet)
Pemandian air panas Cipari. (Foto: internet)

HARMASNEWS - Beda dengan tempat wisata di wilayah timur Cilacap yang didominasi oleh pantai, di wilayah barat Cilacap tempat wisata yang bisa ditemui cukup beragam, mulai dari perbukitan, air terjun, hutan pinus, bahkan pemandian air panas.

Dari sekian tempat wisata di Cilacap, pemandian air panas Cipari yang paling diminati pengunjung. Sebab, banyak manfaat serta khasiat yang dirasakan pengunjung usai berendam di pemandian air panas Cipari ini.

Pemandian air panas ini terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap.

Akan tetapi, yang menarik, pemandian air panas ini selain menjadi tempat refleksi dan pengobatan, cerita awal mula pemandian air panas ini tak kalah menariknya.

Menurut sesepuh desa setempat, Amir, sebelum ada pemandian air panas, di kawasan ini dulunya sudah ada air terjun dengan tinggi 35 meter dan mengalir dari perbukitan yang ada di sebelah utara.

Namun, pada tahun 1930-an, pemerintah kolonial Belanda melalui badan usahanya saat itu mencoba melakukan pengeboran atau eksplorasi di kawasan tersebut karena diduga kandungan minyak bumi.

"Begitu dibor, yang keluar air panas, bukan minyak bumi. Kemudian airnya mengalir ke parit kecil di sekitar lokasi pengeboran," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 7 Agustus 2022.

Amir mengungkapkan, setelah kegagalan itu kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pencarian baru, yakni menjadikan tempat tersebut sebagai pemandian air panas yang bisa dikunjungi wisatawan sejak 1948 sampai sekarang.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sumur yang airnya mengandung belerang, yang oleh masyarakat dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Menurut Amir, dulu ya hanya pemandian biasa, seperti bak.

Halaman:

Editor: Estanto Prima Yuniarto

Sumber: Tim HarmasNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ziarah Walisongo Menembus Hujan di Dinginnya Malam

Sabtu, 24 Desember 2022 | 02:15 WIB

Misteri Pantai Pedalen Kebumen Jawa Tengah

Sabtu, 10 September 2022 | 00:31 WIB

6 Fakta Unik dan Menarik Indonesia di Mata Dunia

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:29 WIB
X