• Selasa, 4 Oktober 2022

Arif Gunawan : Rizal Ramli Deklarasikan Kembalinya Kedaulatan Negara ke Tangan Rakyat

- Jumat, 9 September 2022 | 21:21 WIB
 (Dok. Arif Gunawan)
(Dok. Arif Gunawan)

HARMASNEWS - Dari mana datangnya perubahan politik, sosial, ekonomi, dan juga peradaban ?Sejarawan Arnold Joseph Toynbee menyebut perubahan muncul dari tindakan minoritas kreatif. Dalam tulisan Arif Gunawan soal Rizal Ramli  Deklarasikan Kembalinya Kedaulatan Negara ke Tangan Rakyat

Dalam catatan pemerhati sejarah Arif Gunawan yang diterima HARMASNEWS, Jumat 9 September 2022 ,Minoritas kreatif ialah sekelompok orang yang memiliki self determining atau kemampuan diri untuk menentukan apa yang hendak dilakukan dalam mencapai perubahan.

Dikatakan Arif Gunawan kepada minoritas kreatif karena dari segi jumlah mereka memang sedikit. Tapi berperan besar menjadi pemandu yang berjuang dan menunjuki jalan ke arah perubahan yang lebih baik.

Perlawanan rakyat terhadap kolonialisme esensinya juga digerakkan oleh kelompok minoritas kreatif.

Haji Samanhudi, Tirto Adi Suryo, Cokroaminoto, Sutomo, Ernest Deuwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, Ki Hadjar Dewantara, Hatta, Sukarno, adalah contoh-contoh figur minoritas kreatif yang membawa perubahan.

Percepatan Proklamasi Kemerdekaan negeri ini juga didorong oleh kelompok minoritas kreatif.

Yaitu segelintir pemuda dan mahasiswa dari Kelompok Menteng 31 dan Kelompok Prapatan 10. Sehingga lahirlah teks pernyataan kemerdekaan, yang meskipun sangat singkat namun oleh banyak kalangan diakui sebagai Hypnotic Language Pattern.

Meski hanya terdiri dari 24 kata dan tersusun dalam dua paragraf teks Proklamasi diakui memiliki daya hipnotis tingkat tinggi, yang mampu menyatukan belasan ribu pulau Nusantara, dan membangkitkan semangat berjuta rakyat untuk merdeka.

Jejak sejarah para tokoh pergerakan kemerdekaan inilah yang pada Kamis, 8 September lalu, dicontoh oleh tokoh nasional Dr Rizal Ramli untuk merespon kehendak mayoritas rakyat Indonesia yang hari-hari belakangan ini menginginkan perubahan ke arah Indonesia yang lebih baik, yaitu tercapainya masyarakat yang berkeadilan dan sejahtera.

Bersama beberapa tokoh aktivis pergerakan Rizal Ramli mendeklarasikan pernyataan yang merefleksikan suasana kebatinan mayoritas rakyat saat ini yang semakin tertindas, akibat tatakelola pemerintahan yang tidak memihak kepada kepentingan mayoritas rakyat melainkan lebih mengutamakan kepentingan oligarki.

Halaman:

Editor: Cokie Sutrisno

Sumber: Arif Gunawan/Pemerhati Sejarah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

M Rizal Fadillah : Nadiem Menteri Gagal, Pecat Saja

Kamis, 29 September 2022 | 12:25 WIB

M Rizal Fadillah : Dewan Jenderal vs Dewan Kopral

Kamis, 29 September 2022 | 12:08 WIB

M Rizal Fadillah : Benteng Itu Akan Bobol Juga

Kamis, 22 September 2022 | 12:16 WIB

Ketika Bjorka dan Bambang Tri Tekan Jokowi

Selasa, 13 September 2022 | 10:16 WIB
X