• Selasa, 4 Oktober 2022

Syahganda Nainggolan : Rapuhnya Moralitas Kekuasaan

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:29 WIB
Dr. Syahganda Nqinggolan. (Seputar Tangsel)
Dr. Syahganda Nqinggolan. (Seputar Tangsel)

HARMASNEWS - Rakyat Indonesia beberapa hari belakangan ini gelisah, karena Indonesia ini berjalan entah kemana. Demikian ungkap Dr. Syahganda Naigggolan dalam rilisnya ke Harmasnews Jaringan Berita Promedia Teknologi, Sabtu malam, 19 Agustus 2022.

Lebih jauh Syahganda Nainggolan menguraikan tak jelas tujuan dan limbung, sebentar ke kiri, sebentar ke kanan. Katanya sudah merdeka 77 tahun, tapi makna kemerdekaan itu terasa semakin jauh.

Tak jelas dan limbung karena negara dan pengelolanya berjalan tanpa moralitas kekuasaan yang jelas, sementara rakyat mengais-ngais secercah harapan untuk hidup saat beban ekonomi menaik.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan RI ke 77, Pemerhati Sejarah Arief Gunawan : Negara Theater yang Merayakan Kehilangan ...

Lihatlah beberapa hal berikut ini, pertama, kita melihat istana di hari perayaan kemerdekaan menteri-menteri berjoget ria, lagu cinta, yang dibawakan anak belum dewasa.

Biasanya peringatan kemerdekaan dilakukan dengan lagu-lagu kebangsaan, yang membuat seluruh orang hikmat dan merinding. Misalnya, lagu Padamu Negeri, ciptaan Kusbini. Atau setidaknya lagu Merah Darahku, ciptaan Gombloh. Dengan lagu kebangsaan, secara sosiologis, manusia terhubung dengan perjuangan yang belum selesai.

Kemerdekaan yang belum selesai. Jika dengan lagu cinta cintaan, "Ojo dibandingke", apalagi mengeksploitasi anak kecil sebagai penyanyi, tentu tidak terhubung dengan "public domain" atau "public interest".

Baca Juga: Refleksi Kemerdekaan RI Ke 77, Ini Ungkapan Aktivis Kelana Budi Mulia

Persoalan kedua tentang moralitas kekuasaan, tentu saja soal pembunuhan Brigadir J. Supremasi Hukum adalah kata kunci "Justice".

Sebuah negara didirikan untuk mendistribusikan keadilan bagi rakyat. Tanpa meletakkan hukum sebagai tulang punggung, tentu semuanya akan kacau balau.

Halaman:

Editor: Cokie Sutrisno

Sumber: Dr. Syahganda Nainggolan/Sabang Merauke Circle

Tags

Artikel Terkait

Terkini

M Rizal Fadillah : Nadiem Menteri Gagal, Pecat Saja

Kamis, 29 September 2022 | 12:25 WIB

M Rizal Fadillah : Dewan Jenderal vs Dewan Kopral

Kamis, 29 September 2022 | 12:08 WIB

M Rizal Fadillah : Benteng Itu Akan Bobol Juga

Kamis, 22 September 2022 | 12:16 WIB

Ketika Bjorka dan Bambang Tri Tekan Jokowi

Selasa, 13 September 2022 | 10:16 WIB
X