Dilatih Mandiri Melalui Kegiatan Market Day, Siswa SDN Pandansari Belajar Dunia Wirausaha

- Selasa, 24 Januari 2023 | 23:16 WIB
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan kegiatan market day. (Foto: Humas Pemkab Banyumas )
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan kegiatan market day. (Foto: Humas Pemkab Banyumas )

HARMASNEWS - Siswa kelas IV SD Negeri Pandansari, Banyumas implementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan kegiatan market day.

Tri Widya Wisnu Wardani SPd, guru kelas IV menyanpaikan, kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 24 Januari 2023 tersebut bertujuan untuk mengenalkan dunia kewirausahaan kepada para siswa.

Ia juga menyampaikan bahwa anak-anak merasa senang, karena barang yang diproduksinya bisa laku terjual. 

"Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mengenalkan dunia kewirausahaan kepada anak didik saya. Anak-anak senang, barang dagangannya semua laku terjual," tutur Tri Widya.

Tri Widya menambahkan, bahwa dari laporan para siswa, ada yang mengalami keuntungan penjualan cukup lumayan, ada juga yang mengalami sedikit kerugian. Menurutnya itu menjadi pembelajaran bermakna, anak-anak memperoleh wawasan dalam berwirausaha.

"Setelah kegiatan market day usai, anak-anak melaporkan hasil penjualannya. Ada yang untung, ada pula yang rugi," katanya.

Tapi tidak mengapa bagi yang rugi, meski sedikit kecewa, namun itu menjadi pembelajaran dalam berwirausaha. Seorang wirausahawan harus memperhitungkan dengan matang usahanya.

Kepala SDN Pandansari, Yusep Kurniawan sangat mengapresiasi para siswa dan juga para guru yang telah mengimplementasikan P5 melalui kegiatan mareket day.

Menurutnya itu sangat bermakna dan akan membekas baik dalam kehidupan para siswa, pengalaman belajar berwirausaha tersebut mjadi bekal untuknya kelak ketika dewasa. 

"Senang rasanya melihat keceriaan anak didik dalam kegiatan market day. Saya bangga dengan kreativitas para siswa dan guru-guru SDN Pandansari. Anak tentu akan selalu mengingat makna belajar hari ini. Tentu juga akan menjadi bekal mereka ketika berwirausaha kelak," ungkap Yusep di Banyumas. ***

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Humas Pemkab Banyumas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X