• Selasa, 4 Oktober 2022

Petani Lada Sambung Purbalingga, Gemilang di Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional

- Rabu, 21 September 2022 | 23:25 WIB
Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional (Foto : Humas Pemkab Purbalingga )
Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional (Foto : Humas Pemkab Purbalingga )

HARMASNEWS - Petani Lada Sambung Desa Langgar Kabupaten Purbalingga tampil gemilang di Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

Lomba ini merupakan ajang yang digelar secara daring (online) oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

Sebelumnya Petani Lada Sambung Desa Langgar Kabupaten Purbalingga berhasil menjuarai lomba TTG tingkat provinsi, sehingga berhasil maju mewakili Jawa Tengah untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Mungkin para petani bertanya, kenapa petani lada ini bisa sukses?. Berikut penjelasannya. 

Jadi semuanya butuh proses, tidak instan. Namun semuanya jusrtu berangkat dari keprihatinan dan keterbatasan.

Lima tahun yang lalu, banyak tanaman lada yang mati disebabkan penyakit dan pembusukan akar saat musim hujan di Desa Langgar.

Dari sinilah awalnya, dari coba - coba dan berhasil. Kemudian berkembanglah inovasi budidaya lada dengan sistem sambung tanaman Lada dengan Melada di tahun 2018. 

Jalal Wahrudin, seorang petani lada sambung yang juga sebagai pimpinan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Berkah Lada Desa Langgar, Kabupaten Purbalingga dalam pemaparannya menyampaikan bahwa dirinya membutuhkan proses panjang dalan mengembangkan komoditas ladanya.

Peserta lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional, Rabu, 21 September 2022 di Gedung Operation Room Graha Adhi Guna kantor setda Purbalingga.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Humas Pemkab Purbalingga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X