• Selasa, 4 Oktober 2022

Edukasi, PT GeoDipa Ajak Warga Desa Karangtengah Banjarnegara Kunjungi PLTP Patuha Jabar

- Rabu, 21 September 2022 | 10:48 WIB
Warga Karangtengah, Batur, Banjarnegara saat studi banding ke PLTP Patuha, Jabar  (Foto :  Humas PT Geodipa Energi )
Warga Karangtengah, Batur, Banjarnegara saat studi banding ke PLTP Patuha, Jabar (Foto : Humas PT Geodipa Energi )

HARMASNEWS – Salah satu upaya edukasi Panas Bumi terhadap warga di Dataran Tinggi Dieng (DTD) PT GeoDipa Energi mengajak sejumlah warga Desa Karangtengah Kecamatan Batur Banjarnegara mengunjungi sekaligus melakukan studi banding ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha Unit-1, di sekitar Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung -Jawa Barat belum lama ini.

Ikut melakukan studi banding ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha Unit-1, di sekitar Gunung Patuha, Ciwidey, Forkopimcan Batur dan sejumlah pejabat lain dari jajaran pemerintahan.

Hefi Hendri, selaku Project General Manager menyambut baik kedatangan warga Karangtengah dan pejabat dari Kecamatan Batur karena edukasi tentang panas bumi dirasakan sangat penting untuk mengetahui seluk beluk tentang pengelolaan panas bumi di Indonesia.

Hefi yang pada kesempatan itu tengah menyertai jajaran perwakilan Asian Development Bank (ADB) menyatakan senang karena peserta kunjungan dapat hadir mengunjungi PLTP Patuha setelah menempuh satu hari perjalanan.

“Senang dapat menerima kunjungan saudara sekalian, pembangkit listrik yang saat ini dapat kita lihat bersama merupakan karya anak bangsa, silakan nanti saudara dapat mengamati dan bertanya mengenai pembangkit tersebut, mudah-mudahan dapat bernilai ilmu dan memberikan kesan yang baik bagi saudara sekalian,” ujar Hefi, Selasa 20 September 2022 via telepon seluler.

Sebelum melakukan serangkaian kegiatan, seluruh peserta kunjungan diwajibkan mematuhi seluruh prosedur keamanan dan keselamatan di wilayah kerja PLTP Patuha.

Peserta diwajibkan mengikuti kegiatan safety induction sesuai dengan UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, selanjutnya, peserta diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti safety helmet, safety shoes hingga earplug (pelindung telinga) untuk menjaga keamanan dan keselamatan peserta kunjungan di lingkungan kerja.

Dipimpin oleh HSE Manager Unit Patuha, R Yulianto Kurniawan, peserta kemudian diberikan kesempatan untuk melihat langsung fasilitas pembangkit (powerplant) Patuha Unit-1 yang terdiri dari komponen generator hingga cooling tower.

“Saya minta jangan sungkan untuk bertanya, jadi nanti kita akan saksikan semuanya, bagaimana proses dari kepala sumur sampai menjadi listrik itu seperti apa,” ujar Yulianto.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Humas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X