Batu Akik dan Manfaatnya, Dari Halmahera Paling Dicari

- Minggu, 18 September 2022 | 01:50 WIB
Batu bacan paling banyak dicari pecinta akik. (Cokro/Harmasnews)
Batu bacan paling banyak dicari pecinta akik. (Cokro/Harmasnews)

HARMASNEWS - Walaupun saat ini bukan musimnya Batu Akik, namun bagi pencinta sesungguhnya akan tetap menjadi hoby yang yang tak lekang oleh waktu.

Di Indonesia batu Akik dipercaya memiliki kekuatan magis di dalamnya.Mampu meningkatkan rasa percaya diri, mendatangkan kemakmuran, membuat lawan jenis tertarik adalah beberapa contohnya. Oleh sebab itu, tak heran batu akik menjadi incaran banyak orang.

Berbeda batu akik yang Anda beli, berbeda pula kesan yang dihasilkan. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis Batu Akik, tetapi yang paling terkenal hanyalah tujuh jenis. 

Bacan hijau

Batu Bacan (Tangkapan layar)
Batu akik bacan hijau banyak ditemukan di daerah Halmahera, Maluku Utara. Warna dari batu akik ini mirip batu giok dari Cina. Biasanya, ketika awal membeli batu akik ini warnanya agak kehitaman. Selang tiga atau empat bulan, batu akik bacan dapat berubah warna menjadi hijau gelap. 

Oleh sebab itu, banyak orang percaya batu akik bacan adalah batu yang hidup. Batu dengan skala kekerasan 7 mohs ini dipercaya dapat mengurangi rasa lelah. Hal itu disebabkan karena batu bacan mampu menyerap energi dan mineral sekitar.

Blue safir

Cincin Batu Akik Blu Safir (Tangkapan layar/jualpermata.com)
Memiliki warna biru yang memukau merupakan ciri khas dari batu akik blue safir ini. Batu ini dipercaya mampu memperbanyak kadar potasium, magnesium, dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, batu safir juga dikatakan mampu menghilangkan sisi negatif atau ketakutan tanpa sebab. Hal tersebut membuat orang yang memakainya dapat terhindar dari depresi atau gangguan jiwa. 

Zamrud

Cincin akik Zamrud (Dok. Biggo.id)
Hampir sama dengan bacan, batu akik zamrud juga memiliki warna hijau. Bedanya, batu akik zamrud warnanya lebih transparan. Dahulu, batu akik ini dikenakan oleh raja atau bangsawan sebagai simbol kekuasaan dan keagungan. 

Oleh sebab itu, sekarang batu akik ini digambarkan sebagai lambang kesuksesan pemakainya. Konon, batu akik zamrud juga mampu memberikan aura damai sehingga pemakainya selalu mendapat ketenangan batin. 

Kalimaya

Halaman:

Editor: Cokie Sutrisno

Sumber: Tim Harmasnews/Promedia Network

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Manfaat Daun Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 28 Desember 2022 | 22:37 WIB

Asiknya Ngopi Bareng, Dua Banser Ini Sampai ke Jombang

Selasa, 27 Desember 2022 | 22:59 WIB

Anda Kerap Merasa Lelah Secara Tiba-tiba, Ini Sebabnya

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:45 WIB
X