Sejarah Bantal Guling Cuma Ada di Indonesia?

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:14 WIB
Bantal guling teman tidur kita. (Foto: cxo media)
Bantal guling teman tidur kita. (Foto: cxo media)

HARMASNEWS - Adanya bantal guling di kasur masyarakat Indonesia bukanlah hal yang aneh. Bahkan, banyak pula yang tak bisa tidur tanpa bantal yang berbentuk bulat-lonjong ini. 

Namun, tahukah Anda bahwa guling itu hanya terkenal di Indonesia?

Presiden pertama Indonesia, Soekarno sangat membanggakan keberadaan guling sebagai salah satu identitas bangsa. Hal ini ditulis Cindy Adams dalam buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat (1965).

Dia menjelaskan pandangan Bung Karno yang mengagungkan orang Indonesia sebagai bangsa yang hidup dalam getaran perasaan.

"Manusia Indonesia hidup dengan getaran perasaan. Kamilah satu-satunya bangsa di dunia yang mempunyai sejenis bantal yang dipergunakan sekadar untuk dirangkul. Di setiap tempat tidur orang Indonesia terdapat sebuah bantal sebagai kalang hulu dan sebuah lagi bantal kecil berbentuk bulat panjang yang dinamai guling. Guling ini bagi kami gunanya hanya untuk dirangkul sepanjang malam," tulisnya, mengutip Soekarno.

Guling sudah "hadir" di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, pada zaman penjajahan tersebut, bantal guling terkenal dengan istilah dutch wife, yang secara arti memiliki makna "istri Belanda".

Istilah itu disematkan bukan tanpa alasan, karena ada sejarah yang melatarbelakangi guling disebut sebagai istri Belanda. 

Awalnya, bantal guling dibuat orang Belanda yang berfungsi untuk menggantikan istri mereka yang bisa dipeluk pada saat tidur.

Saat itu, banyak dari serdadu dan pekerja dari Belanda yang datang ke Indonesia tidak membawa serta pasangan atau istrinya. Sehingga untuk memenuhi hasratnya, banyak dari mereka para laki-laki Belanda memiliki wanita simpanan atau menyewa wanita pekerja seks.

Namun karena sebagian dari mereka pelit atau juga tidak memiliki uang, maka terciptalah bantal guling.

Halaman:

Editor: Estanto Prima Yuniarto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Manfaat Daun Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 28 Desember 2022 | 22:37 WIB

Asiknya Ngopi Bareng, Dua Banser Ini Sampai ke Jombang

Selasa, 27 Desember 2022 | 22:59 WIB

Anda Kerap Merasa Lelah Secara Tiba-tiba, Ini Sebabnya

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:45 WIB
X