• Selasa, 6 Desember 2022

Inflasi Harga Pangan Melonjak? Segera Tanam Cabe di Pekarangan!

- Rabu, 23 November 2022 | 08:29 WIB
Tanaman cabe di pekarangan. (Foto: Mediatani)
Tanaman cabe di pekarangan. (Foto: Mediatani)

HARMASNEWS - Ada resep ampuh untuk mengendalikan inflasi bahan pangan, yakni menanam cabe di pekarangan.

Menyusul program nasional gerakan pengendalian inflasi pangan (GPIP), gerakan menanam cabe telah dilakukan oleh Pemkab Pemalang.

Pemerintah setempat jmengajak jajarannya dalam lingkup kerja masing–masing untuk melakukan penananam cabe di pekarangan rumah masing–masing.

Ajakan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Sekda Pemalang M Sidik melalui surat edaran (SE).

Dalam SE Nomor 501/3777/Dipertan tersebut, penanaman cabe serta kemanfaatan lahan pekarangan disebutkan bahwa dalam rangka mengendalikan inflasi bahan pangan dan meningkatkan ketersediaan komoditas pangan di tingkat rumah tangga, disampaikan bahwa kepala perangkat daerah, camat, kepala desa, dan lurah memerintahkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup kerja masing-masing untuk melakukan penanaman cabe di pekarangan rumah masing-masing

Camat, kepala desa, dan lurah bersinergi bersama RT/RW, ketua TP PKK Kabupaten Pemalang bersinergi dengan TP PKK kecamatan dan desa serta Dasa Wisma untuk mendorong dan mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangandi lingkungan masing-masing ditanami cabe.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar mengimbau sekolah-sekolah untuk memanfaatkan pekarangan sekolah untuk ditanami cabe.

Kepala perangkat daerah agar mengampanyekan kegiatan penanaman cabe di lingkungannya tersebut dengan meng-upload dan menyebarluaskan dokumentasi kegiatan penanaman cabe di media sosial masing-masing.

Kepada semua pihak untuk menjadi teladan di wilayah masing–masing dalam menggalakkan dan memasyarakatkan penanaman cabe. ***

Halaman:

Editor: Estanto Prima Yuniarto

Sumber: pemalangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rupiah Melemah ke Angka Rp15.672 per Dollar

Jumat, 25 November 2022 | 22:57 WIB

Masyarakat Lebih Memilih Subsidi daripada BLT

Minggu, 11 September 2022 | 21:51 WIB
X