• Selasa, 4 Oktober 2022

Pelaku Seni di Banjarnegara Kesulitan Regenerasi, P5 Salah Satu Solusinya

- Rabu, 21 September 2022 | 20:03 WIB
Pelajar SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara berlatih kesenian Tek Tek  (Foto: Heni Purwono )
Pelajar SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara berlatih kesenian Tek Tek (Foto: Heni Purwono )

HARMASNEWS - Pelaku Seni di Kabupaten Banjarnegara merasa kesulitan untuk mencari geberasi penerus dari kesenian tradisional yang masih tersisa.

Salah satu penyebabnya adalah masuknya keseniaan modern. Ini tentu merupakan tantangan bagi pelaku kesenian tradisional bagaimana nilai - nilai budaya lokal ini dapat dipertahankaan.

Contoh di Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, regenerasi menjadi tantangan terbesar dalam melestarikan seni tradisional bagi para seniman.

Ternyata, hal itu terungkap di hampir semua pelaku seni yang dijadikan objek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMAN 1 Sigaluh. Pelaku seni musik thek-thek

Sarmidi (56) misalnya, saat ditemui Rabu 21 September 2022 mengaku bingung jika nantinya tidak ada yang melanjutkan tradisi seni thek-thek di dusun Limbangan, Desa Gembongan Kecamatan Sigaluh

"Saya dulu atas inisiatif sendiri membeli alat thek-thek. Harganya 3 juta. Tapi ya itu, saya tidak tahu apakah nanti ada yang melanjutkan atau tidak. Padahal ini seni Banyumasan yang cukup penting," jelas Sarmidi, ketua grup Ketawang Wulung. 

Senada juga  disampaukan Joko Pitoyo dan Khadirin, keduanya juga seniman thek-thek. Menurut mereka, generasi saat ini cenderung malu memainkan alat musik tradisional. 

"Kalau embeg atau kuda lumping masih mending karena masih banyak tanggapan (pertunjukan). Kalau thek-thek sangat jarang," keluh Khadirin. 

Camat Sigaluh Izak Daniel Aloysius mengungkapkan, P5 yang saat ini dilaksanakan oleh sekolah-sekolah bisa menjadi salah satu solusi. 

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Tim HarmasNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Anak Ikuti Sunatan Massal Pemkab Banjarnegara

Kamis, 29 September 2022 | 15:34 WIB

Ini Juara LCC Dokcil dan KKR Tingkat Kabupaten

Rabu, 28 September 2022 | 18:51 WIB

Pengobatan Gratis PMI Diserbu Warga Banjarnegara

Minggu, 18 September 2022 | 13:40 WIB

2 ASN Pemprov Jateng Kepergok Mesum di Mobil

Kamis, 15 September 2022 | 08:05 WIB
X