• Selasa, 4 Oktober 2022

Upaya Cegah Stunting, Pj Bupati Tri Harso Launching "DASHAT"

- Selasa, 20 September 2022 | 20:43 WIB
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH berserta istri  (Foto: Kominfo Banjarnegara )
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH berserta istri (Foto: Kominfo Banjarnegara )

MEMOTONEWS - Bertempat di balai desa Pingit kecamatan Rakit, Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH, Selasa 20 September 2022 melaunching program DASHAT ("Dapur Sehat Atasi Stunting").

Dalam kesempatan itu Pj Bupati didampingi oleh ketua tim penggerak PKK Kabupaten Banjarnegara Ibu Lucia Triharso.

DASHAT merupakan Inovasi dari desa Pingit kecamatan Rakit, dalam rangka mempercepat upaya penurunan stunting, berupa pemberian makanan dari bahan lokal dengan mekanisme pemberdayaan masyarakat melalui dapur sehat.

Pj Bupati dalam sambutannya mengatakan, salah satu tantangan pembangunan keluarga adalah masih tingginya angka stunting. Stunting merupakan permasalahan serius yang perlu ditangani secara konvergen oleh semua pihak.

Berdasarkan pencatatan dan pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) angka stunting Kabupaten Banjarnegara pada bulan Juli 2022 adalah 21,07 %.

"Jumlah tersebut masih sangat tinggi dibandingkan target nasional yaitu 14% pada Tahun 2024," kata Tri Harso.

Maka, dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Banjarnegara, lanjut Tri Harso, dilakukan intervensi spesifik berupa pemenuhan gizi yang seimbang untuk para calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

"DASHAT atau Dapur Sehat Atasi Stunting merupakan salah satu program yang memanfaatkan sumberdaya lokal termasuk bahan pangan lokal. Dan pada hari ini secara resmi saya launching progran DASHAT, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat," imbuh Tri Harso.

Ny Lucia Tri Harso menambahkan, selain terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, ibu hamil atau ibu menyusui dan keluarga risiko stunting, melalui program ini, masyarakat desa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan penyiapan pangan sehat serta bergizi berbasis sumber daya lokal.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Anak Ikuti Sunatan Massal Pemkab Banjarnegara

Kamis, 29 September 2022 | 15:34 WIB

Ini Juara LCC Dokcil dan KKR Tingkat Kabupaten

Rabu, 28 September 2022 | 18:51 WIB

Pengobatan Gratis PMI Diserbu Warga Banjarnegara

Minggu, 18 September 2022 | 13:40 WIB

2 ASN Pemprov Jateng Kepergok Mesum di Mobil

Kamis, 15 September 2022 | 08:05 WIB
X