• Selasa, 4 Oktober 2022

Penyerapan Tenaga Kerja Rendah, Ini Pentingnya Pelatihan Kuliner Kreaktif

- Selasa, 20 September 2022 | 15:45 WIB
Pelatihan kuliner kreaktif di Balai Desa Punggelan Banjarnegara  (Foto: Disnaker Banjarnegara )
Pelatihan kuliner kreaktif di Balai Desa Punggelan Banjarnegara (Foto: Disnaker Banjarnegara )

HARMASNEWS - Disnaker PMPTSP Kabupaten Banjarnegara bekerja sama dengan BLK Semarang 2, selama 5 hari, sejak Selasa - Sabtu (20 - 25 September 2022) menyelenggarakan pelatihan Kuliner Kreatif di Balai Desa/Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara.

Peserta pelatihan berjumlah 25 orang berasal dari warga Desa Punggelan. Mereka sebagian besar adalah perintis UMKM bidang kuliner.

Kepala Disnaker PMPTSP Kabupaten Banjarnegara melalui Sub Koordinator Urusan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Sri Widanarti PR, SKM menyampaikan bahwa sampai dengan akhir bulan Agustus 2022 pencari kerja tercatat di Disnaker PMPTSP Kabupaten Banjarnegara sebanyak 5.283 orang.

Sementara pencari kerja yang sudah ditempatkan baru sejumlah 1.949 orang. Salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya ketrampilan/kompetensi pencari kerja dan masih banyaknya lowongan kerja yang tidak diminati pencari kerja. 

Menurutnya, jumlah ini masih rendah. Salah satu penyebab masih rendahnya penempatan tenaga kerja terjadi karena adanya ketidak cocokan permintaan tenaga kerja dengan kualifikasi yang diharapkan oleh pemberi kerja/perusahaan.

Oleh karena itu masih diperlukan berbagai upaya mengurangi pengangguran di Kabupaten Banjarnegara, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan

Dengan meningkatnya ketrampilan melalui pelatihan tersebut, diharapkan pencari kerja dapat bekerja atau berwira usaha.

Sehingga angka pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan di Banjarnegara akan menurun.

Kepala BLK Semarang 2, Dra. Nur Hidayati, MM menyampaikan bahwa Desa Punggelan Kecamatan Punggelan adalah salah satu desa binaan Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, sehingga desa ini mendapatkan banyak alokasi kegiatan termasuk dari UPT BLK Semarang 2. 

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Tim HarmasNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Anak Ikuti Sunatan Massal Pemkab Banjarnegara

Kamis, 29 September 2022 | 15:34 WIB

Ini Juara LCC Dokcil dan KKR Tingkat Kabupaten

Rabu, 28 September 2022 | 18:51 WIB

Pengobatan Gratis PMI Diserbu Warga Banjarnegara

Minggu, 18 September 2022 | 13:40 WIB

2 ASN Pemprov Jateng Kepergok Mesum di Mobil

Kamis, 15 September 2022 | 08:05 WIB
X