• Selasa, 6 Desember 2022

Ritual Pengambilan Air Suci untuk Acara Adat Nyangku di Panjalu

- Rabu, 7 September 2022 | 14:22 WIB
Warga mengambil air suci untuk acara adat Nyangku. (Foto: Sis)
Warga mengambil air suci untuk acara adat Nyangku. (Foto: Sis)

HARMASNEWS - Sebanyak 150 warga melakukan ritual pengambilan air suci untuk menyambut acara adat Nyangku.

Air tersebut berasal dari Sungai Cibeet serta Gunung DayeuhluhurSebanyak 150 warga melakukan ritual pengambilan air suci untuk menyambut acara adat Nyangku.

Air tersebut berasal dari Sungai Cibeet serta Gunung Dayeuhluhur yang dilakukan oleh masyarakat adat Panjalu dengan Yayasan Borosngora, Rabu, 7 September 2022.

Hj Tati Rahati Atong (80), sesepuh Yayasan Borosngora mengatakan, dirinya bersama keluarga memprakarsai ziarah pengambilan air suci (Mapag Cai) ke berbagai tempat leluhur Panjalu, juga Keramat Desa Bingkeng hingga Gunung Dayeuhluhur di Cilacap, Jawa Tengah.

"Pengambilan air suci tahap pertama dilakukan di wilayah Gunung Sawal, kedua dilakukan di wilayah Dayeuhluhur. Selanjutnya dilaksanakan di daerah Panjalu. Perjalanan tersebut memakan waktu selama 3 bulan, dan pengambilan air suci untuk mencuci pusaka di bulan Maulud pada acara adat Nyangku," ujar Tati.

Ceceng Rusmana, pegiat budaya Dayeuhluhur mengucapkan terimakasih kepada masyarakat adat Panjalu serta Yayasan Borosngora, sehingga dua lokasi yang berada di wilayah Kecamatan Dayeuhluhur menjadi tujuan untuk pengambilan air suci.

Ceceng berharap, kegiatan adat dan budaya yang ada tetap berlangsung oleh penerus berikutnya. "Juga untuk di Dayeuhluhur pun seperti kegiatan adat atau budaya tetap lestari dan tidak punah, karena ini merupakan warisan para leluhur pendahulu kita," tandasnya.

Cecep menambahkan, dari Panjalu, Ciamis, Jawa Barat saja masih peduli hingga ramai-ramai ke Dayeuhluhur. "Masa kita sendiri yang punya wilayah tidak peduli dengan adat dan budaya?" tandasnya. ***

Editor: Estanto Prima Yuniarto

Sumber: Tim HarmasNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Urutan Kesetian dari Zodiak, Kamu yang Mana?

Rabu, 16 November 2022 | 00:48 WIB

Misteri Watu Kenthos, Mustika Buah Kelapa

Selasa, 15 November 2022 | 22:23 WIB
X