• Selasa, 6 Desember 2022

Eksotik, Tari Sigra Mulya, Ini Tarian Baru Pasca Pandemi Covid-19

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:57 WIB
Tari Sigra Mulya  (Foto: Heni Purwono)
Tari Sigra Mulya (Foto: Heni Purwono)

HARMASNEWS - Pandemi Covid-19 menjadi lembaran hitam bagi masyarakat di dunia, tidak terkecuali insan Indonesia termasuk Banjarnegara, khususnya Sigaluh. Sebuah kota kecamatan pintu masuk sisi timur Kota Banjarnegara.

Kita tahu, ibarat badai sudah sudah berlalu namun jejak - jejak 'pesakitan' masih ada. Banyak yang harus dikerjakan untuk menyembuhkan 'pesakitan' itu. Salah satunya adalah suport (semangat).

Kita merasakan geliat dari  momentum peringatan HUT RI ke 77 Tahun 2022 bisa jadi merupakan langkah awal kehidupan pasca pandemi Covid-19 yang mendera selama dua tahun lebih.

Dilatarbelakangi hal diatas tadi, salah satu karya Seni diciptakan seniman dari Sigaluh Banjarnegara. Yakni Sigra Mulya akronin dari Sigaluh segera mulia.

Sigra Mulya (Foto: Heni Purwono )

Tari tarian kreasi ini menggambarkan semangat masyarakat Sigaluh menuju kemakmuran, kemajuan dan kemuliaan.

Hal ini setidaknya diakui oleh Camat Sigaluh Izak Daniel Aloysius."Kita ingin paska pandemi sendi-sendi kehidupan di Sigaluh pulih dengan segera dan dapat mencapai kemakmuran agar hidup masyarakat menjadi mulai," jelas Izak. 

Tarian ini, tambah Izak, akan disosialisasikan dan diajarkan di seluruh desa sebagai tarian resmi kecamatan. "Ini sekaligus sebagai sebuah ingatan kolektif bahwa kita pernah mengalami pandemi bersama-sama, dan kita juga bisa mendokumentasikannya dalam sebuah karya seni," tambah Izak.

Seperti diketahui, upacara HUT RI pertama secara langsung paska pandemi Covid-19 begitu meriah digelar di sejumlah daerah di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Banjanegara dan sekitar.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Urutan Kesetian dari Zodiak, Kamu yang Mana?

Rabu, 16 November 2022 | 00:48 WIB

Misteri Watu Kenthos, Mustika Buah Kelapa

Selasa, 15 November 2022 | 22:23 WIB
X