• Selasa, 6 Desember 2022

Musik Tradisional Bungpak Isi Waktu Jeda Rapat Paripurna DPRD Pemalang

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:01 WIB
Mudik tradisional Bungpak. (Foto: pemalangkab.go.id)
Mudik tradisional Bungpak. (Foto: pemalangkab.go.id)

HARMASNEWS – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Pemalang dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi kemerdekaan RI tahun 2022 dan penyampaian pengantar pemerintah atas RUU APBN tahun anggaran 2023 beserta nota keuangannya, diwarnai keunikan tersendiri.

Yaitu saat waktu jeda rapat paripurna, musik tradisional Bungpak asal Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari tampil dengan membawakan bebeeapa tembang bernuansa agamis dan lagu daerah lainnya.

Penampilan grup musik Bungpak tidak seperti tahun–tahun sebelumnya untuk mengisi waktu kosong saat jeda rapat paripurna,

Slamet, pemimpin paguyuban Bungpak menuturkan, musik ini warisan nenek moyang dengan alat musik yang terbuat dari bambu sengaja digelorakan kembali setelah ratusan tahun tak ada gaungnya.

Menurut Slamet, kata Bungpak berasal dari kata 'Bung' dan 'Pak'. Bung berarti muda dan Pak artinya tua. Jadi, yang muda harus menghormati yang tua.

"Tujuannya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar tetap semangat membangun Pemalang yang lebih baik. Dulu Bungpak digunakan oleh pendahulu kita sebagai alat untuk penyebaran agama Islam," tuturnya.

Dan Slamet tidak sia-sia sambil membangkitkan kembali grup musik yang beranggotakan tujuh orang tersebut. Pasalnya, setelah enam tahun yang lalu mulai menghidupkan kembali Bungpak, pada tahun ini paguyuban musiknya berhasil meraih Juara 3 pada ajang festival musik tradisional tingkat Jawa Tengah itu.

Dengan prestasi ini, pihaknya ke depan akan memberikan semacam pelatihan Bungpak kepada generasi muda, sehingga Bungpak sebagai musik tradisional masyarakat Pemalang tetap lestari.

'Ke depan saya akan membuat semacam pelatihan musik Bungpak bagi generasi muda agar tidak punah," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Estanto Prima Yuniarto

Sumber: pemalangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Urutan Kesetian dari Zodiak, Kamu yang Mana?

Rabu, 16 November 2022 | 00:48 WIB

Misteri Watu Kenthos, Mustika Buah Kelapa

Selasa, 15 November 2022 | 22:23 WIB
X