• Selasa, 6 Desember 2022

Jamasan Klambu Awali Ruwat Bumi Sunan Geseng Gumelem Kulon, Penuh Makna Historis

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 23:35 WIB
Kirab Pusaka  (Foto: Tangkapan layar )
Kirab Pusaka (Foto: Tangkapan layar )

HARMASNEWS - Jamasan klambu dan pusaka mengawali rangkaian Grebeg Suran dan ruwat bumi Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, Jumat kemarin dan puncaknya pada Sabtu 13 Agustus 2023.

Pada acara puncak ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya pendeman, kirab gunungan dari prasasti menuju makam Sunan Geseng di Dusun Trenggiling.

Banyak hal yang menarik dalam perhelatan ini, peserta kirab menggunakan pakaian tradisional seperti yang dikenakan para sesepuh desa pada saat itu yakni adat Jawa yang tidak terlepas dari blangkon.

Kirab gunungan (Foto: Tangkapan layar )

Kemudian pada siangnya bertempat di area makam Sunan Geseng juga dilakukan ritual penerimaan pusaka, kitab Kidung Sewu Geni, tumpengan dan santunan anak yatim piatu.

Disini juga gunungan yang berisi hasil bumi diserbu warga karena dipercaya akan membawa keberuntungan. Dengan penuh semangat warga berusaha menggapai apa yang ada dalam gunungan.

Kemudian untuk menghibur warga Desa Gumelem Kulon, digelar kesenian Ketoprak dan Kudung Sewu Geni.

Arief Machbub yang memimpin kegiatan ini menyampaikan ada beberapa kegiatan sakral Grebek Suran dan Ruwat Bumi yakni jamasan klambu dan jamasan pusaka pada hari jum'at kliwon (12/08/2022) kemarin dilanjutkan pentas kesenian kuda kepang.

Kegiatan ruwat bumi ini, kata Arif merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia dan rezeki selama ini. Arif Machbub juga meminta masyarakat Gumelem kulon agar selaku merawat budaya gotong royong sebagai simbul kebersamaan dan kemakmuran.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Urutan Kesetian dari Zodiak, Kamu yang Mana?

Rabu, 16 November 2022 | 00:48 WIB

Misteri Watu Kenthos, Mustika Buah Kelapa

Selasa, 15 November 2022 | 22:23 WIB
X