• Selasa, 6 Desember 2022

Wujudkan Satu Data, Tim Penilai Internal Evaluasi Statistik Sektoral Banjarnegara Ikuti Pelatihan

- Kamis, 24 November 2022 | 16:55 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto,M.Si saat membuka pelatihan  (Foto: Kominfo Banjarnegara )
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto,M.Si saat membuka pelatihan (Foto: Kominfo Banjarnegara )

HARMASNEWS - Untuk mewujudkan satu data, tim penilai internal evaluasi statistik sektoral Kabupaten Banjarnegara mengikuti pelatihan. Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto,M.Si, Kamis 24 November 2022

Pelatihan terselenggara berkat sinergi antara Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjarnegara, Dinas Komunikasi dan Informatika bidang Statistik dan Persandian serta Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara.

Sekda Indarto menyambut baik adanya pelatihan statisitk sektoral tersebut juga selain dengan program pemerintah berkaitan dengan satu data kabupaten Banjarnegara.

Indarto mengatakan, tersedianya data-data yang baik nantinya akan berguna dalam pengambilan kebijakan.

"Dalam upaya mewujudakan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evalusi dan pengendalian pembangunan perlu didukung dengan data yang akurat, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan," katanya.

Untuk penyelenggaraan pemerintah yang menggunakan data dan informasi statistik dalam program-program pembangunan nasional dan daerah kata Indarto perlu  ditopang oleh data yang berkualitas. 

"Membangun data berkualitas dilakukan sebagai upaya kolektif seluruh pemangku kepentingan baik instansi pusat, pemerintah daerah pelaku usaha akademisi dan masyarakat umum dalam rangka penguatan system statistik nasional," sambungnya.

Indarto juga menyatakan, salah satu indikator tercapainya sasaran reformasi birokrasi nasional, yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel adalah digunakanya data dan informasi statistik dalam perencanaan, pemantuauan dan evaluasi pembngunan. 

Evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan untuk mengukur capaian penyelenggaraan satu data Indonesia.

Halaman:

Editor: Muklas Hamidi

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X